Kualitas Sperma Anda Akan Bagus Jika Menghindari 8 Hal Ini


Kualitas Sperma Anda Akan Bagus Jika Menghindari 8 Hal Ini - Kesuburan seorang pria sangat dipengaruhi oleh kualitas spermanya. Sebagaimana telah banyak diketahui, bahwa keberhasilan pembuahan pada sel telur sangat ditentukan oleh kualitas sperma seorang pria.

Jadi, jika ada sepasang suami istri berencana ingin punya anak, tetapi sang suami mempunyai sperma dengan kualitas buruk, maka kemungkinan besar akan sulit untuk mempunyai anak, dan seandainya mempunyai anak, akan sangat berpotensi terjadinya keguguran di usia awal kehamilan atau pada trismester pertama.

Kualitas Sperma Anda Akan Bagus Jika Menghindari 8 Hal Ini

Hal itu sebagaimana yang telah di kemukakan para ahli kandungan, bahwa salah satu penyebab terjadinya kehamilan kosong atau keguguran pada usia kandungan trismester pertama adalah karena buruknya kualitas sperma.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari agar kualitas sperma bisa bagus dan sehat.

1. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa, polusi udara yang sangat buruk dapat mempengaruhi kualitas sperma. Itu karena, dalam polusi udara juga mengandung radikal bebas. Selain itu, penyebab lainnya adalah, seringnya terpapar suhu panas di bagian organ intim pria. Sperma sangatlah sensitif terhadap suhu, dan idealnya testis membutuhkan suhu yang lebih rendah atau lebih dingin dari suhu tubuh untuk menjaga suhu pada sperma. Oleh sebab itu seorang pria yang bekerja dalam ruangan bersuhu tinggi lebih berisiko mengalami penurunan kualitas spermanya.

2. Mengkonsumsi Obat-Obatan Terlarang

Dari hasil penelitian di dapat kesimpulan, bahwa seorang pria yang mengonsumsi obat obat terlarang, entah itu narkoba jenis shabu, heroin serta juga ganja berpotensi besar mempunyai kualitas sperma yang rendah atau buruk.

3. Penggunaan Steroid

Steroid sering dijadikan jalan pintas bagi pria yang menginginkan otot yang besar. Meski hal itu memang benar berfungsi pada otot mereka, tapi dibalik itu ternyata ada efek samping yang buruk. Dan salah satu efek buruk yang di timbulkan adalah karena menjadi penyebab menurunnya kualitas sperma hingga berpotensi mengalami kemandulan.

4. Kekurangan vitamin C

Siapa yang sangka jika ternyata kekurangan vitamin C dalam makanan sehari-hari, dalam waktu yang lama berpengaruh pada kualitas sperma seseorang. Tapi faktanya, percaya atau tidak percaya, banyak penelitian yang membuktikan bahwa kekurangan vitamin C ini bisa memicu kemandulan yang di sebabkan jeleknya kualitas sperma seseorang.

5. Perokok Berat

Salah satu fakta yang diketahui mengenai efek buruk dari merokok adalah dapat meningkatkan potensi kemandulan seorang pria. Hal itu dikarenakan, merokok dapat menimbulkan penumpukan plak pada arteri, dan plak tersebut nantinya lama-kelamaan akan menghalangi aliran darah yang menuju ke penis. Dan selain itu, efek buruk lain yang masih berkaitan dengan hal ini adalah, merokok juga berpotensi memperburuk kualitas dan keaktifan sperma.

6. Gizi Rendah Atau Gizi Buruk

Hampir dari semua proses yang ada dalam tubuh saling berhubungan. Jadi idealnya Anda harus memastikan sudah mengikuti diet standar sehingga tidak ada masalah lagi dengan gizi buruk. Mengkonsumsi makanan yang kaya mangan, seng dan selenium adalah juga hal wajib yang harus Anda lakukan. Karena kalau sampai kekurangan mineral-mineral tersebut dapat berpotensi menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.

7. Hindari Celana ketat dan panas

Mungkin banyak pria yang tidak menyadari hal ini. Tapi percayalah ini sangat penting untuk masa depan Anda. Pria yang sering memakai celana ketat akan menghadapi masalah dengan motilitas dan produksi spermanya. Ini karena celana ketat dapat menyebabkan hal buruk pada produksi sperma. Jadi intinya selalu jaga suhu di sekitaran testis dan jangan sampai terjadi penekanan.

8. Penggunaan Antibiotik Dalam Waktu Yang Lama

Konsumsi obat-obatan sejenis antibioptik yang diresepkan oleh dokter untuk memerangi infeksi, ternyata mempunyai efek samping buruk buat kaum pria. Karena hal itu bisa berdampak pada menurunnya kualitas sperma dan bisa mengurangi mobilitas serta jumlah sperma. Untuk itu sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat tersebut, sehingga tidak menghambat rencana Anda memiliki seorang anak.

Nah di atas telah disebutkan beberapa hal yang harus dihindari agar sperma Anda kualitasnya bagus. Terima kasih dan semoga bermanfaat.