Inilah Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami


Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Kesulitan untuk tidur atau yang biasa dikenal dengan insomnia merupakan salah satu gangguan pada kesehatan yang sering dijumpai pada manusia modern saat ini. Insomnia yaitu gejala dimana seseorang mempunyai kesulitan ketika akan tidur pada jam – jam normal. Tidak jarang juga penderita dari insomnia tersebut mempunyai kesulitan dalam menjaga tidurnya supaya bisa nyenyak.

Banyak sekali faktor penentu dari insomnia tersebut, diantaranya adalah faktor psikologis. Tetapi, faktor lainnya seperti stress, sering begadang, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur maupun gangguan pada kesehatan lain juga bisa menjadi pemicu timbulnya insomnia tersebut. Ada cara yang instan dalam mengatasi masalah insomnia ini, yaitu dengan meminum obat – obatan yang bisa merangsang untuk tidur. Namun sudah menjadi rahasia umum jika obat yang mengandung bahan kimia tersebut mempunyai efek samping di kemudian harinya.

Nah, dalam upaya mengatasi insomnia jangka panjang dan tanpa menimbulkan efek samping, berikut ini adalah beberapa cara alami mengatasi insomnia tanpa harus menggunakan obat kimia. Tentu saja cara tersebut bisa menghilangkan gangguan tidur Anda secara alami.

Berikut ini adalah 5 cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan :

1. Anda bisa menyingkirkan gadget Anda sejauh mungkin dari tempat tidur Anda. Ya, hal ini adalah salah satu kebiasaan buruk, yaitu membawa gadget saat hendak tidur. Selain bisa mengganggu tidur Anda, radiasi pada gadget ataupun telepon genggam tersebut ternyata bisa membuat fungsi otak Anda menjadi terganggu dan bisa menurunkan fungsi pada organ seksual.

2. Makanlah makanan yang mengandung zat magnesium dan potasium seperti kacang almond dan pisang. Kandungan zat triptofan di buah pisang ternyata juga bisa menenangkan hormon otak yang membuat tidur Anda lebih cepat.

3. Hindarilah untuk bergadang dan usahakan untuk tidur secara teratur. Terlalu sering bergadang dan pola tidur yang tidak teratur dapat membuat tidur Anda menjadi sulit di malam hari. Selain itu juga, hindarilah tidur siang apabila Anda ingin mendapatkan rentang waktu tidur malam yang lebih lama.

4. Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan memakai terapi musik yang menggunakan musik gelombang otak atau brainwave. Brainwave ini merupakan alunan musik yang secara khusus dibuat dalam mengkondisikan otak supaya ada di kondisi alpa serta theta, yang bisa membuat kita menjadi lebih rileks dan membuat kita menjadi lebih mudah untuk tidur.

5. Lakukan pelatihan terhadap pernafasan dan meditasi. Meditasi sudah dikenal dari dulu sebagai upaya relaksasi yang ampuh. Dengan melakukan meditasi, Anda akan berlatih supaya dapat melupakan berbagai permasalahan hidup dan memfokuskan diri Anda di satu titik pada pikiran Anda. Hal tersebut pastinya bisa membuat pikiran Anda menjadijernih dan membuat tidur Anda lebih berkualitas dari sebelumnya.

Terapkanlah cara – cara diatas agar tidur Anda dapat kembali normal dan berkualitas. Jika hasil cara alami mengatasi insomnia di atas kurang maksimal, akan lebih baik jika anda juga berkonsultasi ke dokter.