Apa Saja Tanda-Tanda Bayi Sehat?


Tanda-Tanda Bayi Sehat

Merawat bayi adalah hal yang sangat menyenangkan. Ketika kita mempunyai seorang bayi, seolah kita mempunyai mainan baru. Tentu mainan baru itu sangat indah karena berupa bayi yang sangat lucu dan menggemaskan.Sebagian ibu mungkin bertanya dan menjadi was was akan kesehatan bayinya. Oleh sebab itu, saya menulis artikel ini sekedar untuk menambah wawasan ibu ibu sekalian mengenai kesehatan bayi.

Mudah saja mengenali bayi anda itu sedang sehat atau sedang kurang sehat. Perhatikan saja kata kata yang sering muncul di iklan televisi, "bayi riang itu, bayi sehat". Hal itu memang benar, anda tidak perlu terlalu khawatir jika bayi anda riang seperti biasanya. Itu tandanya dia baik baik saja. Namun, jika bayi anda mulai rewel dan merengek, anda harus waspada dan kenalilah gejala gejalanya. Jika anda masih saja bingung dan tidak mengerti, segeralah bawa ke layanan kesehatan.

Ketika bayi masih baru lahir, jangan kaget jika dia sering mengalami diare. Hal itu wajar saja terjadi pada bayi. Anda hanya bisa mengatasinya dengan lebih sering memberikan ASI. Selain itu, demam juga gejala yang sangat wajar dialami para bayi. Jadi ibu tidak perlu khawatir berlebih jika sedang mendapati bayinya demam. Segera saja bawa ke layanan kesehatan dan tentunya terus berikan ASI sesering mungkin untuk mencegah kelaparan atau dehidrasi.

Selain itu, bayi sehat juga tentunya akan mengalami pertumbuhan yang maksimal. Nah, di sinilah ibu harus lebih teliti mengenali perkembangan bayi anda. Misalnya, di umur 3 bulan bayi akan mulai belajar tengkurap. Umur 4 atau 5 bulan bayi sudah bisa tengkurap dan mulai belajar duduk. Umur 6 hingga 7 bulan, bayi akan sudah bisa duduk dan mulai belajar merangkak. Selain itu, di umur 7 bulan ini bayi harusnya sudah mulai bisa mengucapkan ma-ma-ma. Kemudian, umur 9 bulan, bayi akan mulai belajar berdiri. Dan umur 11 bulan, bayi akan mulai belajar berjalan dan mulai memperkaya perbendaharaan katanya. Itulah fase fase yang harus dicapai bayi di setiap umurnya.

Namun pada dasarnya, perkembangan setiap bayi berbeda. Kadang ada juga bayi yang lambat menguasai teknik merangkak, tapi malah lebih cepat menguasai teknik berjalan. Jadi, jika bayi anda berbeda perkembanganya dengan bayi lain, maka anda tidak perlu berkecil hati. Namun, jika sudah berumur 2 tahun bayi anda belum bisa berjalan, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itulah tanda tanda bayi sehat. Anda tidak perlu khawatir mengenai kesehatan bayi anda. Yang terpenting adalah kenalilah setiap gejala yang terjadi pada anak anda. Dengan mengenali gejala lebih dini, akan mengurangi resiko terlambatnya penanganan. Namun, sejauh bayi anda riang dang selalu aktif, anda tidak perlu khawatir terlalu berlebih terhadap kondisi bayi anda.

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan imunisasai lengkap untuk bayi anda. Dengan memberikan imunisasi tepat pada waktunya, itu akan memperbagus kekebalan tubuhnya terhadap penyakit. Selain itu, kenalilah kesehatan anak anda dari berat badannya. Jadi, jangan anggap enteng timbangan bayi. Anda harus menimbang berat badan bayi anda setiap bulan. Tanda bayi sehat adalah berat badannya akan terus bertambah setap bulannya. Jika anda mendapati berat badannya menurun, anda harus waspada dan konsultasikan dengan bidan atau dokter anda.

Itulah tanda-tanda bayi sehat. Kenalilah setiap gejala sekecil apapun gejala itu. Namun, sejauh anda selalu memberikan ASI dan gizi yang baik, istirahat yang cukup, bayi anda akan selalu riang dan sehat.